Jumat, 05 Juni 2015

TUGAS PRIBADI


  
1.Apa perbedaan antara teknologi dan media?
  • Teknologi merupakan istilah yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengetahuan tentang perkakas dan ketrampilan (Wikipedia, 2006). Teknologi pembelajaran merupakan pemanfaatan dan keterampilan spesifik dari perkakas dan keterampilan pendidikan.
  • Media merupakan sarana komunikasi yang bisa membawa informasi antara sebuah sumber, dan sebuat penerima.

2. Apa saja enam kategori dasar dari media? 
  • Teks
  • Media
  • Visual
  • Video
  • perekayasa (manipulative) (benda-benda)
  • orang-orang dapat berupa guru, atau siswa.

3. bagaimana rangkaian kesatuan konkret-abstrak bisa digunakan untuk membantu dalam pemilihan teknologi dan media? Rangkaian kesatuan kongkret /nyata – abstrak dimana siswa bisa memanfaatkan kegiatan pembelajaran yang lebih abstrak sehingga siswa dapat membentuk sekumpulan pengalaman yang lebih konkret untuk memberi makna pada representasi kenyataan yang lebih abstrak.Pada waktu siswa menuju ke pengalaman yang lebih abstrak ini,siswa akan mendapatkan informasi yang lebih banyak  dalam waktu singkat melalui teks atau audio,dengan syarat siswa memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memahami simbol-simbol verbal tersebut.Sehingga pada dewasa ini,terjadi peralihan penggunaan  media  yang dulu digunakan guru dalam kelas, sekarang teknologi dan media dapat digunakan siswa kapan dan dimana saja

4. Apa itu belajar? Belajar salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu melalui kegiatan belajar, baik itu berpikir memahami, menyimpulkan, menyimak, menelaah, membandingkan, membedakan dan sebagainya serta melakukan eksperimen, atau percobaan, latihan, kegiatan praktik, membuat karya, apresiasi, dan sebagainya.

5. Apa itu empat ranah belajar? 
  • Ranah Kognitif, 
  • Ranah Afektif 
  • Ranah Kemampuan Motorik 
  • Ranah Interpersonal

6. Jelaskan empat perspektif psikologis mengenai belajar!
  • Behavioris perspektif  èpengajaran, ganjaran  atau proses belajar dapat membentuk perilaku seseorang dengan baik
  • Kognitif perspektifè menciptakan model-model bagaimana pemelajar menerima, memproses, dan merekayasa informasi, sehingga dapat berpikir dan menyelesaikan masalah dan membuat keputusan, dalam ingatan jangka pendek dan jangka panjang
  • Konstruktivitas perspektif è menekankan bahwa para pemelajar menciptakan penafsiran mereka sendiri tentang dunia informasi
  • Perspektif psikologi sosial è perspektif mapan lainnya dalam kajian mengenai belajar dan mengajar

7. Apa saja perbedaan dan kesamaan antara belajar dalam waktu bersamaan, dengan pembelajaran tidak dalam waktu bersamaan?
Perbedaan  belajar dalam waktu bersamaan è para pembelajar harus menghadiri pengajaran dalam waktu yang sama. Contohnya seperti presentasi ruang kelas, siaran televisi siaran langsung, atau telekonferensi
Sedangkan pembelajaran tidak dalam waku bersamaan è pengajaran tidak dengan waktu yang bersamaan, memungkinkan para pengajar yang berbeda untuk merasakan konten yang sama dalam waktu yang berbeda-beda.contoh  para peserta didik belajar mandiri menggunakan program komputer, CD interaktif, atau tutorial web
Kesamaan : para peserta didik dan para pengajar mengalami suatu proses belajar atau mengajar.

8. Apa perbedaan informasi dengan pengajaran / instruksi?
Informasi?
  •  Perbedaan  informasi adalah data-data yang telah diolah sehingga dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Informasi dapat direkam atau dikirim. Para ahli memiliki banyak arti lain tentang informasi. Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari belajar, pengalaman atau instruksi. Namun, istilah ini memiliki banyak arti tergantung pada konteksnya.Dalam beberapa pengetahuan tentang peristiwa tertentu yang telah dikumpulkan atau dari berita dapat juga dikatakan sebagai informasi. Dalam ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan. Para ahli meneliti konsep informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman atau instruksi.
  • Pengajaran atau instruksi adalah sesuatu tugasan dan aktiviti yang diusahakan bersama oleh guru dan muridnya. Pengajaran ini adalah dirancangkan guru secara sisitematik dan teliti untuk melaksanakannya dengan kaedah dan teknik mengajar yang sesuai, membimbing, menggalak dan memotivasikan murid supaya mengambil inisiatif untuk belajar, demi memperolehi ilmu pengetahuan dan menguasai kemahiran yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar